Logo adalah paduan gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu yang melambangkan bisnis, merek atau perusahaan Anda. Umumnya, logo memiliki desain yang simple agar mudah diingat, akan tetapi tahukah Anda bahwa ada 7 jenis logo?
Setiap jenis logo akan menghasilkan kesan berbeda pada merek maupun perusahaan. Maka pastikan Anda memilih jenis logo yang tepat, karena logo adalah kesan pertama bagi pelanggan baru Anda, dan berikut adalah 7 jenis logo yang perlu Anda ketahui.
1. Logo Lettermark
Logo monogram adalah logo penanda huruf (lettermark) yang terdiri dari beberapa huruf atau nama inisial seperti IBM,CNN, JVC dan HBO. Lettermark cukup efektif untuk mempersingkat nama perusahaan jika perusahaan tersebut memiliki nama yang panjang.
Hanya dengan menggunakan 2 atau 3 huruf sebagai inisial, logo ini akan sangat mudah untuk diingat dalam mewakili nama merek atau perusahaan. Misalnya National Aeronautics and Space Administration yang kemudian disingkat menjadi NASA.
Jenis logo ini berfokus pada huruf inisial yang digunakan, maka pemilihan jenis font sangat penting untuk memastikan logo dapat terbaca dengan baik, dan tetap sesuai dengan identitas perusahaan. Selain itu Anda perlu menambahkan nama lengkap perusahaan jika nama perusahaan belum banyak dikenal.
2. Logo Wordmark
Logo Wordmark adalah logo yang dibuat dari teks (tulisan) nama perusahaan yang berfokus pada font tanpa menambahkan simbol lain. Wordmark logo cocok digunakan untuk merek atau perusahaan yang memilki nama yang pendek dan juga menarik.
Seeperti misalnya logo Visa, Coca-Cola dan Google dengan nama yang menarik dan juga mudah untuk diingat. ketika dikombinasikan dengan tipografi yang apik, mampu menciptakan branding yang kuat.
Menentukan jenis font menjadi sangat penting, karena fokus logo adalah pada nama merek itu sendiri. Misalnya menggunakan font elegan dan bersih akan menghasilkan kesan mewah, sedangkan font tebal menghasilkan kesan kuat dan solid.
3. Pictorial Mark
Pictorial Mark Logo adalah logo tanda gambar berbasis grafis yang dibuat dengan menggunakan simbol untuk menciptakan identitas perusahaan. Menambahkan nama perusahaan kedalam logo merupakan elemen pendukung.
Apple, Twitter dan bullseye target adalah merek atau perusahaan yang menggunakan desain logo pictorial mark. Logo mereka cukup familiar hingga mudah sekali untuk dikenali dan telah melekat dalam pikiran banyak orang.
4. Logo Abstrak
Logo abstrak sesuai dengan namanya, yaitu logo gambar berbentuk geometris abstrak yang mewakili merek atau perusahaan. Abstract mark logo memungkinkan Anda menciptakan logo lebih unik, terdiri dari beberapa gambar yang disatukan kedalam sebuah logo.
Pengguna logo abstrak diantaranya logo BP (british petroleum), gambar bunga pada adisas, dan juga lingkaran abstrak logo pepsi. Desainnya yang unik menciptakan citra merek atau perusahaan secara simbolis.
5. Logo Maskot
Logo maskot adalah logo gambar ilustrasi yang paling menyenangkan dan nyaman dipandang, melibatkan karakter atau kartun dengan sentuhan penuh warna. Mascots logo merupaka cara paling efektif untuk merepresentasikan merek atau perusahaan.
Menciptakan ilustrasi karakter sebagai juru bicara atau brand ambassador merek atau perusahaan. Misalnya logo pringles, ilustrasi kartun KFC, dan beruang bear brand, yang menciptakan kesan sehat dan lebih menarik untuk anak-anak dan keluarga besar.
6. Logo Kombinasi
Logo kombinasi merupakan gabungan antara logo abstrak dan logo maskot, dimana gambar dan text menyatu kedalam sebuah logo. Text dan gambar diletakkan secara terintegrasi, entah itu berdampingan atau ditumpuk satu sama lain dan disatukan kedalam sebuah gambar.
Indosiar, doritos, burger king dan lacoste merupakan contoh merek atau perusahaan yang mengkombinasikan wordmark logo dengan logo maskot. Yang saling memperkuatk apresiasi sebuah merek atau perusahaan.
7. Logo Lambang
Logo emblem adalah lambang ikonik suatu merek yang terdiri dari tulisan di dalam lencana, segel maupun simbol, dan cenderung terkesan tradisional dan massive Maka tak heran jika banyak universitas maupun lembaga pemerintahan yang menggunakan logo jenis ini.
Seperti lambang putri duyung yang menjadi lambang ikonik Starbucks, dan juga logo emblem Harley-Davidson yang begitu familiar. Desain logo ini terkadang memiliki desain sangat detail dan kompleks sehinga kurang fleksibel ketika dicetak, karena faktor kualitas cetak gambar.
Itulah 7 jenis logo yang telah kami rangku untuk Anda, setiap logo memiliki karakter dan tujuan berbeda. Maka dari itu pertimbangkan jenis logo yang tepat sesaui kriteria merek atau perusahaan Anda. Pertimbangkan juga jasa desainer logo jika anda masih pemula, atau gunakan aplikasi desain logo untuk membuatnya sendiri.